pencahayaan

Pencahayaan Interior

3 Pencahayaan Interior Pada Ruangan

Pencahayaan Interior – selain dekorasi rumah yang tepat dan nyaman, Interior lighting atau penataan cahaya pada ruangan interior adalah bagian penting dari desain interior. Sama seperti dengan pemilihan warna atau perabot, penataan lampu juga sangat berpengaruh untuk menciptakan suasana ruangan nyaman sesuai keinginan. Semua ruangan pasti membutuhkan bantuan lampu untuk penerangan entah saat malam ataupun siang, dan tambahan efek dramatis.

Kita tahu, bahwa pencahayaan interior adalah salah satu factor penting dalam mempercantik rumah. Dengan memberikan pencahayaan yang baik, maka akan baik juga tampilan objeknya, namun, apabila pencahayaan tersebut kurang baik, maka objek yang dituju otomatis juga akan terlihat kurang baik.

Jadi sebelum buru-buru membeli dan memasang lampu, sebisa mungkin anda kenali dulu jenis-jenis lampu dalam penataan interior! Secara umum, pencahayaan buatan atau lampu pada interior dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu general lighting, task lighting, dan accent lighting. Berikut ini penjelasan singkat dan tips bagaimana cara penempatannya dalam ruangan. SEBUAH tempat tinggal dikatakan sempurna bila memberikan rasa nyaman bagi penghuninya. Salah satu elemen vital pemberi rasa nyaman tersebut adalah tata letak dan desain cahaya dalam rumah.

Pencahayaan Interiorgambar dari mimarinters

berikut adalah macam-macam penjelasan singkat dan tips bagaimana cara penempatannya dalam ruangan.yang sering di gunakan banyak orang, pencahayaan terdiri dari 3 jenis ,yang masing-masing ada manfaat dan pengaruhnya sendiri untuk ruangan anda :

Pertama, general lighting atau ambient lighting. Jenis pencahayaan itu berfungsi menerangi seluruh ruangan. General lighting merupakan penerangan buatan sebagai pengganti mutlak pencahayaan alami. Tipe lampu yang digunakan harus menghasilkan distribusi cahaya menyebar rata dan comfortable brightness. Terang yang dihasilkan tetap memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

General lighting pasti digunakan di ruangan-ruangan utama dalam rumah. Sebut saja seperti ruang keluarga, dapur, ruang tamu, dan juga kamar-kamar. Pencahayaan ini bisa dibuat lebih menarik dengan cara lain yaitu dengan cara menyembunyikannya.

Anda bisa menutupi area bawah lampu ini sehingga Anda hanya bisa melihat biasnya saja. Keunggulan pencahayaan tidak langsung seperti adalah dapat menghasilkan cahaya yang merata sehingga tak menyilaukan mata. Anda tak lagi dapat melihat titik lampu secara jelas sehingga ruangan terasa lebih nyaman.

Jenis kedua, task lighting. Pencahayaan jenis ini digunakan untuk menerangi area tertentu dan mendukung aktivitas tertentu. Tipe yang digunakan, antara lain, lampu duduk, standing lamp, dan lampu dinding. Sifatnya tidak mutlak atau tidak wajib ada dalam sebuah hunian.

Contoh task lighting adalah lampu di atas counter table yang memungkinkan orang untuk membaca resep masakan ketika akan memasak. Contoh lainnya adalah lampu gantung yang diletakkan di atas ruang makan yang mengarah pada meja makan atau lampu di sekitar cermin meja rias. Task lighting ini juga dapat berfungsi sebagai pembentuk suasana. Entah itu suasana yang ringan dan santai, atau suasana yang romantis dan intens.

Jenis task lighting yang banyak diminati masyarakat, antara lain, lampu gantung di ruang makan, wall mounted fixture atau standing lamp di ruang tidur, dan under cabinet fixture di dapur. Jenis lampu itu dituntut memiliki tingkat cahaya yang tinggi, namun tidak silau.

jenis ke tiga Accent lighting juga bisa memberikan efek dramatis pada dinding dan anak tangga. Jenis itu sering dijumpai pada zona publik dan semipublik. Termasuk, ruang tamu, dapur dan ruang keluarga.

Tujuannya untuk semakin mengekspos tampilan karya seni yang hendak ditonjolkan. Down light dan up light juga termasuk di dalam kategori ini. Biasanya kedua jenis lampu ini digunakan untuk menghasilkan efek dramatis pada ruangan.

Pencahayaan interior yang ditata dengan baik akan menciptakan suasana yang lebih baik dalam ruangan dan menciptakan tampilan yang lebih indah dilihat. Permainan tata cahaya yang memanfaatkan ketiga jenis pencahayaan di atas bisa membuat suasana ruangan berbeda. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih jenis dan penempatan lampu.

itulah beberapa penjelasan mengenai pencahayaan interior penting dalam ruangan,dapatkan informasi-informasi mengenai desain interior rumah, kantor, apartemen ,cafe dan lain-lainya disini.

Untuk menambah informasi anda mengenai dunia desain interior, anda bisa membaca beberapa artikel lainnya seperti Desain Mini Bar, Desain Kamar Tidur Perempuan, dan Kamar Mandi Etnik.

Satu gagasan untuk “Pencahayaan Interior”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *